4 Penyebab dan Gejala Katarak Usia Muda

Katarak merupakan penyakit mata ditandai dengan adanya kabut yang terletak pada lensa mata. Pada lensa mata yang normal biasanya akan terlihat lebih jernih atau transparan dan mengandung banyak air sehingga cahaya dapat menembusnya. Pada orang yang menderita katarak, lensa mata akan terlihat lebih keruh sehingga menyebabkan cahaya sulit untuk menembus ke mata. Hal ini dapat mengakibatkan indra penglihat menjadi buram.

Penelitian tebaru saat ini menyatakan kalau  penggunaan smartphone, tablet, serta perangkat elektronik yang lain ternyata dapat meningkatkan risiko seseorang terkena katarak. Tidak hanya itu, ada pula penyebab katarak lainnya yang harus anda perhatikan seperti:

4 Penyebab dan Gejala Katarak Usia Muda

1. Penderita Diabetes

Karena ketika pada usia dini sudah memgalami diabetes ataupun hipertensis maka itu juga akan mempengaruhi pada mata jadi segera tangani diabetes atu hipertensis tersebut.

2. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar ultraviolet dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit katarak.

3. Akibat memiliki penyakit kulit

Penyakit kulit yang dimaksutkan adalah seperti eksim, dermatitis atopic, icthyosis, pemfigus dapat mempengaruhi penglihatan mata shingga mata akan menderita katarak.

4. Faktor Genetik

Selain itu, penyebab lainnya adalah faktor genik dimana faktor ini dapat meningkatkan risiko terkena katarak lebih dini.

Gejala

1. merasa kesulitan melihat di malam hari

2. penglihatan kabur

3. kesulitan melihat menjadi lebih jelas

4. bahkan kehilangan penglihatan.

Dan bahkan si penderita dapat mengalami kebutaan. Setiap tahunnya di Indonesia mengalami peningkatan jumlah penderita katarak. Maka dari itu selagi masih muda jaga kesehatan mata dan juga atur hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit terutama pada mata seperti katarak karena sesungguhnya mata adalah organ yang paling penting

Tags: